Modifikasi Permainan Tradisional "Benthik Portable"

Semangat…!!!!! Itulah yang dirasakan oleh semua orang ketika bermain. Hampir semua manusia pasti pernah merasakan asyiknya bermain bersama teman-teman di tanah lapang. Bermain merupakan aktivitas yang sangat digemari oleh semua orang, baik orang dewasa maupun anak-anak. Bermain yang dimaksud adalah melakukan aktivitas bersama secara langsung. Dengan melakukkan aktivitas tersebut, maka mampu mempererat hubungan persahabatan. Salah satu bentuk aktivitas bermain yaitu melakukan suatu permainan. Permainan yang cenderung menggunakan aktivitas gerak fisik yaitu permainan tradisional. Namun Akhir-akhir ini permainan tradisional secara perlahan mulai  jarang kita temui di masyarakat. Permainan ini mulai tergerus oleh serbuan permainan modern via handphone, video game dan lain-lain. Disamping itu, area bermain anak-anak juga semakin sempit. Hampir semua tanah lapang sudah di semen, conblock maupun aspal. Berkurangnya area bermain anak-anak seyogyanya segera dicari solusi pemecahannya. Jangan sampai anak-anak kehilangan masa bermainnya dikarenakan sudah tidak adanya tanah lapang untuk bermain. 

Lucu sekali apabila kita hanya menceritakan kepada anak-anak kita bahagiannya dapat bermain bersama teman-teman tanpa berusaha untuk mewujudkan hal tersebut. Untuk menyikapi kurangnya lahan bermain anak-anak, maka perlu gagasan atau ide mengenai permainan yang sekiranya dapat dimainkan dengan kondisi tanah lapang sempit.  Inovasi permainan dan permainan adaptif mutlak diperlukan, mengingat lahan yang luas akan sulit sekali dapat terwujudkan. Untuk itu penulis memberikan salah satu solusi permainan, tradisional yaitu benthik portable.

Benthik portable ini sengaja dirancang untuk dapat dimainkan di tempat manapun, baik luar ruangan maupun dalam ruangan. Permainan benthik yang tadinya memerlukan lubang memanjang di tanah supaya permainan dapat dilakukan, dengan adanya alat ini, maka permasalahan tersebut dapat teratasi dengan baik. Dengan memainkan permainan ini, maka anak tidak hanya dapat melampiaskan energinya tetapi secara langsung juga dapat melestarikan permainan tradisional ini. Perlu kita ingat-ingat kembali, kapan terakhir kali kita melihat permainan benthik secara langsung? Ada yang menjawab ketika masih kecil, bahkan anak-anak zaman sekarang tahunya permainan benthik dari film “upin dan ipin”. Melihat kejadian ini kita pasti sangat prihatin dengan kondisi permainan tradisional Indonesia.

Nama Alat benthik portable ini sesuai dengan artinya yaitu alat benthik yang mudah dibawa-bawa atau dijinjing. Alat ini juga sangat mudah untuk digunakan. Karena dari sisi bentuk dan penerapannya hampir sama kalo kita bermain di tanah lapang. Untuk stiknya sendiri dapat dimodifikasi dengan sedemikian rupa sehingga aman apabila terkena anggota tubuh atau kepala. Salah satu bentuk modifikasi yang diterapkan adalah dengan memberikan lapisan busa pada seluruh permukaan stik benthik.

Dunia anak-anak memang tidak akan kembali lagi. Yang bisa kita lakukan adalah memfasilitasi mereka supaya dapat mengambil segala nilai-nilai pembelajaran yang terkandung di setiap aktivitas. Kita hanya mengarahkan dan memberi rambu-rambu kepada anak-anak, selebihnya tugas kita hanya memantau. Memberikan peringatan ketika anak-anak bertindak tidak sportif, tempramen, dan hal-hal yang sekiranya membahayakan. Memberikan penjelasan dan pengertian apabila anak-anak perlu pemahaman, serta mengapresiasi ketika anak-anak berhasil melakukan sesuatu dengan baik.

Unsur terpenting dalam permainan benthik adalah banyakknya nilai-nilai positif yang dapat kita ambil. Pertama intelegensi: kemenangan dapat diraih apabila meraih skor tertinggi dengan cara menghitung semua poin yang diraih. Kedua afektif: tertib bergantian menggunakan alat serta bermain sportif. Ketiga psikomotor: terampil melakukan gerakan dalam permainan benthik, mulai dari “nyuthik”, “kenthongan”, maupun “patil lele”.

Aturan permainan ini memiliki peraturan yang hampir sama dengan permainan benthik pada umumnya. Hanya saja ada sedikit peraturan khusus yang harus disepakati bersama sehingga permainan dapat berjalan dengan sportif. Pada intinya adalah lestarikan permainan trasisional asli Indonesia. WSG

Benthik Portable

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Atletik: Lompat

START LARI

Renang